Kisah Inspirasi - Lelaki Tua dan Selimut

outboundbangkabelitung.com - Seorang lelaki tua dengan baju lusuhnya masuk ke sebuah toko megah. Dari bajunya, kelihatan kalau lelaki tua tersebut dari golongan fakir. Para pengunjung di toko tersebut (yg rata-rata borjuis) melihat aneh kepada lelaki tua itu. Tetapi tidak dengan pemilik toko.


Pemilik toko: ''Mau cari apa pak?'', tanyanya ramah.

Lelaki Tua: ''Anu.. Saya mau beli selimut 6 helai untuk saya dan anak istri saya. Tapi.. '', jawabnya ragu.

Pemilik toko: ''Tapi kenapa pak?''

Lelaki tua: ''Saya hanya punya uang 100 riyal. Apa cukup untuk membeli 6 helai selimut? Tak perlu bagus, yang penting bisa untuk melindungi tubuh dari hawa dingin'', ucapnya polos.

Pemilik toko: ''Oh cukup pak! Saya punya selimut bagus dari Turki. Harganya cuma 20 riyal saja. Kalau bapak membeli 5, saya kasih bonus 1 helai'', jawabnya sigap.

Lega, wajah lelaki tua itu bersinar cerah. Ia menyodorkan uang 100 riyal, lalu membawa selimut yang dibelinya pulang.

Seorang teman pemilik toko yang sedari tadi melihat dan mendengar percakapan tersebut kemudian bertanya pada pemilik toko:

''Tidak salah? Kau bilang selimut itu yang paling bagus dan mahal yang ada di tokomu ini. Kemarin kau jual kepadaku 450 riyal. Sekarang kau jual kepada lelaki tua itu 20 riyal?", protesnya heran.

Pemilik toko: ''Benar. Memang harga selimut itu 450 riyal, dan aku menjualnya padamu tidak kurang dan tidak lebih. Tetapi kemarin aku berdagang dengan manusia. Sekarang aku berdagang dengan Allah".

"Demi Allah! Sesungguhnya aku tidak menginginkan uangnya sedikitpun. Tapi aku ingin menjaga harga diri lelaki tua tersebut agar dia seolah tidak sedang menerima sedekah dariku hingga bisa membuatnya malu".

"Demi Allah! Aku hanya ingin lelaki tua itu dan keluarganya terhindar dari cuaca musim dingin yang sebentar lagi datang. Dan aku pun berharap Allah menghindarkanku dan keluargaku dari panasnya api neraka..'',

Sungguh, diperlukan seni dan trik dalam beramal dan bersedekah agar membuat orang lain tidak merasa malu atau rendah



Sumber Cerita : dari broadcast viral sebuah group WA
Foto hanya ilustrasi, sumber : pixabay
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Outbound Bangka - Outbound Belitung - Outbound Bangka Belitung - Outbound Bogor - Outbound Lampung - Capacity Building Bangka - Capacity Building Belitung - Capacity Building Lampung - Capacity Building Bogor - Capacity Building Bangka Belitung - Outbound Training Bangka - Outbound Training Belitung - Outbound Training Bogor - Outbound Training Bangka Belitung - Outbound Training Lampung - Fun Outing Bangka - Fun Outing Belitung - Fun Outing Lampung - Fun Outing Bogor - Fun Outing Bangka Belitung - Family Gathering Bangka - Family Gathering Belitung - Family Gathering Lampung - Family Gathering Bogor - Team Building Bangka - Team Building Belitung - Team Building Lampung - Team Building Bogor - Paket Outbound Training Bangka - Paket Outbound Training Belitung - Paket Outbound Training Lampung - Paket Outbound Training Bogor - Paket Wisata Bangka - Paket Wisata Belitung - Paket Wisata Lampung - Paket Wisata Bogor - Paket Tour Bangka - Paket Tour Belitung - Paket Tour Lampung - Paket Tour Bogor - Bangka Tour - Belitung Tour